Bangkit Dari Kegagalan

Selam pagi sobat, semoga kita dalam keadaan sehat semua pagi ini..amin
kali ini saya akan sharing kepada sobat sekalian mengenai Bagaiman caranya bangkit dari kegagalan. Tapi sebelumnya, bagi anda blogger sekalian yang sekiranya mau share bareng, tolong Follow blog saya ya ? Ntr saya Follow balik deh..hehehe, sekalian promo deh. Tapi gpp dh terus terang saya sebagai blogger baru masih sangat membutuhkan bimbingan dari anda-anda sekalian, saya masih belajar, dan anda yang menjadi gurunya. Oleh karena itu kehadiran dari anda sekalian sangt saya harapkan. Ats kesediaannya saya ucapkan terimakasih..

Oke, kita mulai pembahasan..
1. Kegagalan Adalah Hal Biasa

Sebelumnya, mari kita mengawali pembahasan kita tentang kegagalan dengan mencoba membagi dunia dalam dua hal : 
(1) Orang-orang yang mau belajar dan
(2) Orang-orang yang tidak mau belajar

Orang-orang yang mau belajar akan terbuka atas apa yang terjadi di sekitarnnya, mencoba mendengarkan memperhatikan bahkan ingin tahu tentang segala sesuatu yang akan terjadi. Pada saat mereka harus mengalami kegagalan, kesalahan atau kebodohan sekalipun, mereka akan berusaha tidak akan mengalami kegagalan. Itu karena mereka terbiasa belajar walaupun itu belajar dari sebuah kesalahan dan ketika mereka berhasil melakukan sesuatu sekecil apapun, maka mereka akan melakukan lebih baik lagi. Demikian bagaimana sebuah kegagalan menjadi guru terbesar dalam kehidupan. Hal terjadi jika kita memilih untuk belajar dari kegagalan dan bukan hancur karenanya. Kegagalan justru membuat kita menjadi lebih kuat, di mana sebagian besar orang tidak menyadari dari suatu kegagalan akan tumbuh kekuatan baru.

Kegagalan adalah hal biasa, bukan hala memalukan, karena semua orang pernah mengalaminya. Gagal addalah suatu yang harus di hadapi sebagai bagian dari kehidupan. Kegagalan adalah hasil alamiah dari berusaha. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, sebuah harapan yang belum tercapai. Menyadari bagaiman kita sampai mengalami kegagalan itulah yang terpenting, bukan kita berapa sering mengalami kegagalan. Hidup itu tudak mudah. Ungkapan yang sering kita dengar memang demikian adanya, tinggal bagaiman kita memandangnya. Apakah kita akan menderita atau menghadapinya dengan suka cita.

Suatu Perbedaan mendasar antara orang sukses dan orang ggagal akan terlihat dari bagaiman cara mereka merespon atau bagaiman car mereka menghadapinya. Orang yang cenderung menghindari kesulitan atau mengatasi masalah hanya permulaannya saja, orang yang demikian justru akan sering mengalami kegagalan dalam hidupnya. Orang-orang yang sukses justru bisa menerima kesulitan dan menciba menghadapinya, ikut telubat langsung berarti ikut merasakan penderitaan di dalamnya, Proses ini sebenarnya memberi arti kehidupan.

Jalur keluar sederhana pada saat kita mengalami kegagalan, di antaranya adalah :

Temui orang yang anda anggap bijaksana dan sampaikan tentang kegagalan anda.
Buka kembali catatan-catatan tentang tugas yg anda kerjakan mungkin anda dapat menemukan penyebab kegagalan anda.
Rencanakanlah langkah-langkah apa yang akan anda kerjakan setelah anda tau, semua orang sukses ternyata pernah menglami kegagalan.

Penguatan :
Kegagalan mengajarkan kita bahwa kita dapat menang dari kekalahan
Kegagalan mengajarkan ketekunan pada kita untuk terus berusaha
Jangan takut gagal dan jangan membuang energy dengan mencoba menutupi kegagalan atau berusaha mati-matian untuk menghindarinya. JIka anda tidak merasakan kegagalan, anda tidak akan merasakan kesuksesan dan tidak akan berkembang.

Demikian, apa yang saya tulis berdasarkan proses pembelajaran dan dari beberapa sumber adanya. Semoga bermanfaat...

1 komentar:

ehm kommunika mengatakan... 19 Desember 2010 pukul 02.09  

kegagalan awal dari keberhasilan ....nice artikel sob...salam persahabatan...

Posting Komentar