Pentingnya Kesehatan Mental (The Impotance Of Mental Healthy)

     Kesehatan Mental dapat di katakan baik jika memiliki kesehatan psikologis yang baik. Ini dapat terlihat dari proses pertumbuhan kepribadian kita secara terus menerus, adanya tujuan hidup, penerimaan diri serta memiliki hubungan positif dengan orang lain. Untuk itu, keseimbangan emosi positif dan negatif sangat kita perlukan untuk memperoleh mental sehat dan pribadi yang baik bisa terwujud.Berikut car-cara yang di anggap mampu menjadikan mental kita tumbuh dengan sehat, yaitu :
Milikilah tujuan hidup yang positif dan obyektif (get the positive and objective life goal)
Sikap positif dan obyektif sangat kita perlukan dalam melihat sesuatu dari bebagai sisi. sebaliknya, bersikap negatif baik itu terhadap org lain, permaslahan hidup dan sebagainya hanya membawa kita dalam kegelisahn sepanjang langkah hidup yang kita tempuh.

Belajarlah dari pengalaman (Learn From Experience)
Orang bijak adlah orang yang mau belajar dari kesalahan dan pengalaman yang di alaminya sendiri ataupun melalui pengalaman orang lain. Pengalaman yang mengajarkan kita bagaimana kita bertindak dan bersikap agar tidak melakukan sesuatu kesalahan yang sama dan hanya berbuntut penyesalan.

Memiliki kepribadian yang utuh dan konsisten (Get the intact and consistence personality)
Sikap berubah-ubah dan mudah terpengaruh atau mudah mengikuti arus dapat mengganggu kesehatan mental yang kita miliki. Prilaku ini menunjukkan bahwa kita tidak memiliki pendirian dan kepribadian atau menjadi orang lain. Keseimbangan emosi dalam merespon berbgai kejadian, situasi dan kondisi juga sangat penting dalam upaya untuk melakukan pembentukan bagi keutuhan dan konsistensi kepribadian pada diri kita.

Memiliki wawsan yang cukup (get wide concept)
Kemauan untuk selalu belajar apa, bagaiman, dan dari man saja akan membantu kita untuk memperoleh keluasan wawaasan. Wawasan inilah yang sering kali akan membantu kita dalam mengatasi setiap tantangan yang kita hadapi dalam kehidupan.

Kembangkan rasa aman dalam diri (grow secure sense)
Kegelisahan dalam diri kita menunjukkan adanya rasa tidak nyaman dan aman kita terhadap diri kita sendiri. Bersikap gelisah terutama secara berlebihan tanpa alasan yang jelas hanya akan memperburuk keadaan yang berdampak pada kestabilan emosi dan kesehatan mental, untuk itu sangat di perlukan melakukan upaya pengembangan rasa aman dalam diri sendiri hingga kitapun bisa merasa aman dalam melakukan banyak hal.

Alasan beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk mendukung car-cara agar kita dapat memperoleh kesehatan mental yang baik, seperti dengan melakukan aktifitas fisik dan melalui keterampilan coping yaitu upaya mengatasi masalah. Coping itu terbagi dua untuk memelihara kesehatan mental :

Emotion focused coping, strategi yang focus mengatur emosi seseorang.
Problem focused coping, usaha mengurangi stres dengan memecahkan masalah.

1 komentar:

birthday mengatakan... 1 April 2011 pukul 19.24  

samalm kenal nice blog news elektronik

Posting Komentar