Penghargaan Diri



Status? Berpacaran? Jomblo? Adakah yang membedakan? Apa?

Well, banyak diantara kita yang merasa gelisah dengan statusnya, terutama mereka yang masih single atau yang istilah kerennya kita bilang Jomblo !. Mereka kebanyakan gelisah, tertekan dan berusaha mencari-cari dan sesegera mungkin untuk mendapatkan pasangan. Dari mana anda tau ? banyak media yang bisa digunakan, diantaranya adalah melalui situs jejaring sosial (facebook dan twitter). Dari situ tak jarang kita melihat status maupun twit dari mereka yang jomblo yang isinya adalah mengutarakan isi hati, hasrat dan kegelisahan mereka. Yang paling sederhana saja misalnya, tak jarang seseorang memasang status seperti “yah, malam minggu di rumah sendirian”, “sepi banget nih”, “butuh temen smsan !”, “pengen cari pacar!”, “, atau bahkan ada yang sampai-sampai menjual handphonenya hanya karena tak kunjung mendapatkan teman sms. 


Padahal dilihat dari sisi yang lain Hp merupakan barang yang sangat penting guna menunjang jaringan komunikasi dan informasi.Apa penyebabnya ?Yang paling dekat ialah sifat iri. Iri kepada mereka yang berpasangan, lihat saja mereka yang berpacaran. Pada umumnya memang terlihat mesra, jalan berdua, duduk berdua, makan berdua, dan lain-lain hampir lebih banyak kegiatan mereka dilakukan secara bersama-sama. Tapi, apakah selama proses berpacaran itu kita akan selalu bahagia ? selalu damai ?. jawabannya adalah tidak. Tidak semua hubungan yang kita jalin akan berjalan lancar. Semua bergantung pada diri kita masing-masing. Tidak usah terlalu bernafsu, apalagi jika masih dalam proses pembentukan jati diri. Bagi yang kuliah misalnya, ada baiknya kalau lebih banyak fokus kepada jalannya perkuliahan, banyak belajar dan berusaha mencapai prestasi setinggi-tingginya.Lalu, apakah kita tidak boleh kuliah sambil berpacaran ?Tidak ada yang melarang, asalkan bisa memanajemen waktu dengan baik. 


Hanya saja tentunya ada beberapa konsekuensi yang di timbulkan. Antara lain; kuliah jadi kurang fokus dan umumnya lebih banyak memakan pengeluaran. Tapi apabila sekirannya dengan menjalin hubungan bisa membuat kita lebih bersemangat, why not? Just do it! Dengan catatan anda menjalin hubungan dengan baik, dan dengan orang yang baik-baik tentunya.Bagaimana dengan yang jomblo dan susah untuk mendapatkan pasangan ?Jangan berkecil hati brad/sist, masih banyak hal bisa kita lakukan. Kebanyakan dari kita kurang menghargai diri kita sendiri, selalu memandang diri kita lemah dan cenderung memandang lebih pada aspek kekurangan tanpa memperhatikan kelebihan yang kita miliki. Kelebihannya apa? Pasti ada. Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 


Oleh karena itu berusahalah menggali dan mencari tau, kenali diri anda kira-kira potensi apa yang anda miliki. Tetaplah menjadi orang baik dan biarkan Tuhan yang mengatur selebihnya. Jadilah pribadi yang murah senyum, tebarkan pesonamu. Dan alangkah baiknya jika kita bisa menunjukkan kualitas diri kita dengan pencapaian prestasi yang baik. Katakan bahwa kelak seseorang yang akan mendapatkan anda adalah orang yang beruntung !.Sebenarnya baik single maupun berhubungan memiliki sisi positif dan negatinya masing-masing. Untuk yang single, manfaatkan status itu agar bisa lebih konsentrasi, anda lebih mempunyai banyak kesempatan untuk melakukan segala aktivitas dengan fokus dan secara maksimal. Sedangkan dalam berhubungan di perlukan saling pengertian antara satu sama lain, harus ada yang mengalah. Disinilah kedewasaan seseorang di uji. 


Kita tidak hanya sekedar menjalin hubungan untuk status, tetapi lebih dari itu kita harus belajar bagaimana menjalin suatu hubungan yang baik, belajar menjaga dan memahami. Tidak sekedar pacaran putus pacaran putus, semua itu bisa dibilang percuma. Bijaklah dalam memilih pasangan, tak usah terlalu pusing yakinlah banyak orang-orang di sekeliling anda yang mau menerima anda apa adanya. Semua bergantung pada diri anda sendiri. Sekarang buka mata dan lihat sekeliling anda ! berdirilah dengan tegap, lakukan segala aktivitas dengan penuh semangat, tebarkan sejuta pesona yang kita miliki, berikan senyum terbaikmu dan berprilakulah layaknya seorang pahlawan !. Tuhan menjadikan indah pada waktunya dan menaruh hal kekal di hati kita yang tak akan hilang oleh waktu. Suatu saat anda akan mendapatkannya.

0 komentar:

Posting Komentar