Cara Mengelola Diri dengan Baik



Dalam hidup ini, banyak hal yang kita lakukan setiap hari, baik yang sudah terencana maupun yang kita lakukan secara spontanitas. Tapi terkadang kegiatan yang kita lakukan cenderung tidak terencana dan terorganisir dengan baik. Akibatnya porsi waktu terhadap masing-masing aktivitas tidak sesuai dengan kepentingan kita. Disini penulis akan berbagi informasi tentang bagaimana cara untuk mengelola dan memanajemen waktu dengan baik sehingga apa yang kita lakukan akan berjalan secara efektif dan efisien. Langsung saja, 


Pertama            : Rencanakan kegiatan yang akan kita lakukan setiap hari. Mulai dari bangun tidur, kita sebaiknya sudah menyusun dan merencanakan kegiatan apa saja yang akan kita lakukan dihari tersebut. Susun rencana-rencana kecil dan jika perlu buatlah catatan agenda harian. Hal ini akan membantu kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari, menyusun agenda tersebut usahakan secara sistematis, berikan porsi waktu yang sesuai dengan kepentingan aktivitas yang bersangkutan dengan demikian, kegiatan dan aktivitas kita akan berjalan secara lebih efektif dan efisien.

Kedua              : Kurangi melakukan aktivitas yang kurang bermanfaat. Menikmati hidup dengan cara berleha-leha atau bersantai-santai memang perlu untuk meninggalkan kesibukan dan mencoba merileksasikan otak agar lebih fresh. Tetapi hal semacam ini sebaiknya tidak dilakukan melebihi porsi waktu. Jika dalam sehari waktu yang kita gunakan untuk nongkrong, jalan-jalan dan tidur melebihi batas maka tanpa kita sadari, begitu banyak waktu yang kita buang percuma. Coba bayangkan apabila dalam sehari kita nongkrong selama 3 jam atau lebih kemudian hitunglah dalam kurun waktu satu tahun, lihatlah berapa banyak waktu yang kita sia-siakan begitu saja. Begitu banyak waktu yang bisa kita pergunakan untuk mengembangkan diri, bekerja, belajar demi mengejar cita-cita kita masing-masing. Waktu sangatlah berharga. Maka berusahalah mengurangi kegiatan-kegiatan yang sekiranya kurang memberi manfaat tersebut. Seorang pemimpin tau mana yang lebih penting dan mana yang tidak penting.

Ketiga              : Bekerjalah seakan-akan ini adalah hari terakhir. Melakukan kegiatan demi kegiatan secara fokus dan bijaksana adalah modal berharga bagi seorang pemimpin. Dengan menggunakan prinsip di atas, kita akan selalu berusaha melakukan segala aktivitas hari ini dengan sebaik-baiknya dan berusaha memberikan yang terbaik dari batas kemampuan yang kita miliki. Kita akan lebih bersikap positif. Sudah menjadi tradisi ketika kita di beri tugas dan jangka waktu yang lama, maka kita cenderung menunda untuk menyelesaikan tersebut hal yang demikianlah yang perlu diperbaiaki. Kita bisa segera menyelesaikan tugas sebelumdeadline dan ketika tugas selesai maka kita bisa bersantai sedangkan yang lainnya mengerjakan tugas.

Keempat           : Luangkan waktu untuk keluarga dan bersenang-senang. Kesibukan yang kita lakukan biasanya menyita waktu kita untuk berkumpul bersama keluarga atau bahkan kita sampai-sampai lupa akan hal tersebut. Banyak hal semacam ini terjadi di lingkungan keluarga kita yang menyebabkan keharmonisan dalam rumah tangga berkurang. Sepasang suami istri yang sibuk bekerja misalnya, anaknya dirumah sendiri hanya di awasi oleh seorang babysister. Hal yang demikian akan berdampak negatif bagi pertumbuhan dan perkembangan anak tersebut. Oleh sebab itu, agendakan waktu anda untuk bersenang-senang dan berkumpul bersama keluarga, anda bisa bepergian, bertamasya atau pergi kemana saja yang dapat memberikan kesenangan bagi anda dan keluaraga. Untuk yang biasa berlibur ke kota, maka anda dapat mencoba berlibur ke daerah puncak ata yang lainnya yang menyuguhkan keindahan alam yang jarang kita temui di kota. Dan untuk yang biasa berlibur di desa, maka anda dapat sesekali berlibur ke kota melihat aktivitas yang belum pernah kita jumpai di desa. Dengan demikaian kita akan memiliki pengalaman yang lebih.

Itulah tadi beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk melakukan kegiatan agar lebih efektif dan efisien. Agendakan kegiatan anda sehari-hari, bagilah porsi waktu yang sesuai dan jangan lupa untuk bersenang-senang menikmati hidup bersama keluarga dan kerabat anda masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar