Sikap Mental dan Kesabaran


Suatu saat akan tiba waktunya bagi seseorang untuk berperang bersama emosi dan hawa nafsu. Saat itupula akan hadir pikiran-pikiran yang saling menggoda yang akan mempengaruhi sikap seseorang. Kebijaksanaan sangat diperlukan disini, suatu pola pikir positif akan membantu seseorang keluar dari pikiran dan tingkah laku negatif yang tidak diharapkan.

Umumnya perasaan emosional seseorang timbul karena di pengaruhi oleh banyak hal, yaitu antara lain masalah beban kehidupan, masalah cinta, dan lain-lain. Oleh karena itu, diperlukan suatu pola pikir dan kesabaran untuk menghadapinya. Beberapa diantara kita mungkin sudah bisa bahkan sudah terbiasa dengan masalah seperti ini. Orang yang sudah terbiasa akan mudah melewati tekanan, mereka tau apa yang harus mereka lakukan, mereka biasanya akan memiliki tingkat kesabaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain dan lebih dari itu mereka bisa mengontrol emosi dan hawa nafsu yang berlebihan. Hal semacam inilah yang sebaiknya kita tiru dari mereka.

Disamping itu, mental yang kuat juga diperlukan guna membantu kita menghadapi berbagai macam problema kehidupan. Mental yang kuat akan membuat kita lebih percaya diri, berani dan optimis. Masa depan yang cerah bisa kita raih asalkan kita siap dan berhasil menghadapi berbagai macam rintangan yang muncul silih berganti. Seperti pepatah yang mengatakan “kemenangan tertinggi adalah ketika kita berhasil mengalahkan diri kita sendiri”. Seringkali kita merasa takut dan cemas terlalu berlebihan, baik itu kaitannya dengan masa depan, pekerjaan, ujian akhir dan lain-lain. Perasaan seperti ini tidak seharusnya muncul walaupun sedikit memberikan dorongan prilaku yang baik bagi kita. Perasaan cemas yang berlebihan akan membuat kita pusing, stres dan mengakibatkan kinerja yang buruk dari prilaku kita.

Dengan adanya mentalitas yang tinggi dari dalam diri kita masing-masing, kita akan lebih santai dan rileks dalam menjalani aktivitas kita sehari-hari. Kita dapat mengerjakan segala sesuatu dengan tenang dan menghasilkan kinerja yang baik daripada yang sebelumnya. Just do it, lakukan saja jangan berfikir bahwa kita tidak bisa, setiap individu memiliki proporsi kerja masing-masing. Tuhan tidak mungkin memberi cobaan di luar kemampuan kita. Berusahalah untuk bersikap sabar serta tenang,  lakukan semuanya dengan baik, maka hasilnya juga akan baik. “If you believe you can, you probably can”. You don’t know what you can do until you try”.

0 komentar:

Posting Komentar