Catatan Hari Ini

Assalammualaikum Wr.Wb

Selamat siang sahabat blogger yang senantiasa menghiasi sisi lain dunia maya.

Betapa senangnya ketika kita melihat blog pribadi kita, membaca tulisan maupun hanya sekedar menjenguk lalu pergi. Sungguh menulis bagi saya adalah sesuatu yang sangat menyenangkan, saya suka menulis apapun, saya menuliskan kejadian-kejadian yang saya alami, saya juga menuliskan apa yang saya pikirkan secara logis atau masuk akal. Dalam dunia tulis menulis, saya enggan membatasi imajinasi saya. Saya tidak ingin memberi batasan-batasan tentang apa yang harus saya tulis, khususnya dalam masalah posting blog ini. Mungkin inilah sebabnya mengapa blog pribadi saya yang sederhana ini hanya dihiasi oleh beberapa postingn saja, itupun masih belum sempurna. Disini saya juga mengucapkan permintaan maaf apabila dalam blog saya ini ada beberapa postingan yang sudah corrupt, hal ini bisa jadi dikarenakan umur postingan yang sudah terlalu lama. Kemungkinan yang lain adalah karena seringnnya pergantian template yang saya lakukan.
Lalu jika saya tidak membatasi imajinasi saya dalam menulis, mengapa saya sangat jarang menulis dan memposting hal-hal yang baru ? inilah yang akan saya coba jawab kali ini.

Menulis adalah suatu kegiatan dimana kita sedang berusaha membuat komunikasi secara tidak langsung dengan para pembaca yang kita jadikan sebagai objek. Dalam bahasa Indonesia, ada aturan tertentu yang harus kita jadikan sebagai panduan dalam menulis, ada penggunaan bahasa baku dan tidak baku, bahasa formal dan tidak formal dan lain-lain. Menulis juga membutuhkan struktur yang baik yang secara gramatikal bisa menjelaskan makna apa yang ingin kita sampaikan. Tetapi bukan itu masalahnya. Sebagai mahasiswa, saya juga memiliki sisi kehidupan lain yang harus saya jalani, berangkat pagi pulang sore belum lagi adanya tugas-tugas dari kampus yang harus saya selesaikan. Itu bukan alasan satu-satunya, bukan maksud saya untuk menyalahkan aktivitas saya secara pribadi, hal yang menghambat saya dalam menulis saya rasa lebih berat pada masalah “apa yang akan saya tulis?” “bagaimana saya menuliskannya?” dan lain-lain. Saya yakin ini adalah masalah yang juga dirasakan oleh penulis lainnya.

Sebenarnya banyak inspirasi yang saya dapatkan ketika saya sedang beraktivitas, berjalan dan lain-lain, semuanya sudah terkonsep dengan rapi. Tetapi yang saya alami, ketika saya ingin menunangkannya dalam tulisan saya seringkali merasa kebingungan, saya kehilangan draft kata-kata yang sudah saya persiapkan sebelumnya.

Selanjutnya, saya akan berusaha lebih baik lagi, belajar dan berlatih bagaiman cara menulis dengan baik dan benar. Sebagai seorang penulis, memiliki karya seperti buku dan novel saya rasa adalah suatu cita-cita tersendiri. Saya mulai mencari-cari karya apa yang sekiranya bisa saya ciptakan melalui tulisan saya pribadi. Saya rasa banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari menulis. Kita akan lebih bisa berpikir secara logis, menggabungkan cara berpikir deduktif dan induktif, dengan menulis juga akan melatih kecerdasan kita secara linguistik (kecerdasan berbahasa) dan lebih banyak lagi manfaat lainnya.

Menulis bukan hanya diam dan tidak berguna, menulis juga bisa menghasilkan uang dengan menjual karya-karya kita seperti cerpen, noval, puisi dan lain sebagainnya. Seperti pepatah “Nulla dies saine linea” tiada hari tanpa menulis. Tulislah apa yang anda kerjakan, dan kerjakanlah apa yang anda tulis. Jangan khawatir, tidak perlu keahlian khusus yang kita butukan untuk menulis. semua orang bisa melakukannya. Cobalah menuliskan sepatah atau dua kata, maka kita sudah bisa mengembangkannya dibantu dengan kemampuan imajinatif kita masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar