Tips Agar Sukses Ujian dengan IP Tinggi

Indeks prestasi kumulatif atau yang kita kenal dengan sebutan IPK merupakan suatu nilai yang berupa angka dimana angka tersebut menggambarkan hasil akademik yang ditempuh oleh seorang mahasiswa dalam periode satu semester. 

IPK sejauh ini masih merupakan  acuan bagi mahasiswa dalam proses perkuliahan. Tak jarang para mahasiswa melakukan kuliah hanya demi mengejar nilai dan bukan untuk ilmunya. Hal seperti inilah yang harus dihindari. Paradigma seperti ini telah membawa kita terjebak dalam situasi yang cukup kompleks dimana pemikiran tersebut berdampak negatif terhadap perkembangan mahasiswa secara personal.

Namun demikian bukan berarti dalam mencari ilmu di bangku perkuliahan kita juga mengabaikan apa yang disebut dengan IPK ini. IPK tetap merupakan elemen penting yang menunjukan prestasi belajar. IPK sebaiknya digunakan sebagai gambaran akademik sejauh mana keberhasilan kita dalam perkuliahan dan bukan dijadikan tujuan akhir.

Disini penulis akan mencoba memberikan 7 tips agar sukses ujian dan  memperoleh IP tinggi. sebagai berikut :

1.      Tekankan Ilmunya bukan Ipnya
Seperti yang dibahas di atas, tujuan akhir dalam proses perkuliahan bukanlah IP melainkan ilmu yang kita dapatkan. Dengan menekankan aspek ilmu maka dengan sendirinya keberhasilan akan menghampiri. Penguasaan terhadap ilmu tiap-tiap mata kuliah akan memudahkan kita dalam menjawab soal-soal ujian semester dan hal ini tentunya akan meningkatkan indeks prestasi kita.

3.      Kuasai Materi
Tips yang kedua sedikit sudah dibahas pada tips yag pertama. Penguasaan materi sangat menentukan keberhasilan kita dalam menempuh ujian akhir semester. Untuk memudahkan hal ini, maka diperlukan ketekunan yang lebih dalam belajar. Disiplin waktu dan manajemen diri yang baik merupakan modal berharga dalam menempuh proses perkuliahan.


2.      Susun dan Sortir Setiap Mata Kuliah
Langkah berikutnya yaitu dengan menyusun setiap materi mata kuliah yang telah di berikan. Bila perlu catat setia bab materi selama periode satu semester berlangsung, dengan demikian kita akan tau materi apa yang harus kita pelajari sebelum menempuh ujian akhir. Setelah menyusun materi setiap mata kuliah, maka kita perlu menyortir mata kuliah mana yang sekiranya belum begitu kita mengerti. Tekankan pada mata kuliah tersebut, lakukan persiapan semaksimal mungkin guna keberhasilan dalam menempuh ujian.

Persiapkan semua minimal satu minggu sebelum ujian berlangsung.
Persiapan yang dimaksud disini adalah termasuk materi dan mental dari diri masing-masing. Biasanya satu minggu sebelum ujian berlangsung para mahasiswa akan diberikan minggu tenang. Terkadang banyak mahasiswa yang salah menggunakan waktu luang ini. Berlibur bukan menjadi alasan yang tepat. Ada baiknya jika waktu libur selama satu minggu itu kita gunakan untuk persiapan menghadapi ujian.
Pelajari setiap bahasan mata kuliah, perbanyak membaca untuk memperoleh pelajaran lebih banyak dari yang diberikan. Jadi kita tidak perlu menerapkan sistem SKS (Sistem kebut semalam) yang menurut saya kurang efektif mengingat begitu banyaknya materi selama satu semester. Cicil setiap bahasan, bisa sore, pagi atau malam. Tidak perlu lama asal apa yang kita pelajari masuk ke otak.

5.      Cari soal-soal ujian sebelumnya
Berikutnya kita dapat mencari soal-soal ujian sebelumnya kepada kakak tingkat sejurusan. Untuk apa ? ini akan sangat membantu, meskipun tidak sama persis, soal-soal ini akan memberikan gambaran kepada kita mengenai jenis soal yang akan di ujiakan. Beruntung jika soal-soal yang keluar adalah sama persis dengan soal tahun lalu. Ini biasanya terjadi pada mata kuliah yang diampu oleh dosen yang berpengalaman (lama). Tak jarang para dosen enggan untuk mengubah atau membuat bentuk soal yang baru.

6.      Prediksi soal yang akan di ujiakan
Mungkin ada yang bertanya bagaimana cara memprediksinya ? cukup mudah, asalkan kita mau belajar dan giat membaca setiap materi mata kuliah. Coba perhatikan soal-soal sebelumnya (jika ada) maka akan ada gambaran soal seperti apa yang akan di ujikan nanti. Jika tidak ada, maka kita dapat mempelajari hal-hal pokok dalam setiap bahasan. Tidak perlu semuannya, hal ini akan sangat menyita pikiran dan waktu.

7.      Berdoa dan tawakal
Tips yang terakhir adalah berdoa dan tawakal. Ya, tentu saja setiap aktivitas yang kita hadapi tak luput dari faktor lain (luck) yang berasal dari Tuhan. Doa merupakan senjata ampuh yang menambah aroma keberhasilan. Seperti pepatah yang mengatakan “Usaha tanpa doa = bohong, doa tanpa usaha = omong kosong”. Selanjutnay serahkan hasilnya pada yang di atas.


Demikian tips-tips yang dapat di coba untuk memperoleh IP tinggi dan sukses dalam ujian. Sekali lagi tekankan ilmunya bukan Ipnya. Tujuan kita adalah mencari ilmu bukan IP, hehe.. selamat mencoba !

0 komentar:

Posting Komentar